Dialog Interaktif di radio SS dengan tema Pencegahan Diabetes Melitus

Radio Suara Salatiga – dr. Ratih Vitha selaku dokter dari Puskesmas Cebongan menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema “ Pencegahan Diabetes Melitus”, Selasa (03/11/2020).

Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit komorbid yang dapat menimbulkan komplikasi dan memperparah COVID-19. Penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yaitu > 126 mg/dL saat puasa atau >200 mg/dL pada pemeriksaan gula darah sewaktu.Gejala yang sering dialami penderita diabetes mellitus yaitu merasa sering haus, sering lapar, sering buang air kecil dimalam hari, gatah seluruh tubuh tanpa sebab, dan luka yang sulit sembuh.

Selain sebagai komorbid COVID-19, diabetes juga dapat menimbulkan komplikasi pada organ lain yang meningkatkan risiko munculnya menyakit lain seperti stroke, gagal ginjal, penyakit jantung, gangguan syaraf, mata, pendengaran dan kulit.Secara teoretis, diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol dengan menerapkan gaya hidup sehat, memantau kadar gula darah secara berkala, atur pola makan rendah gula, olah raga sesuai kondisi badan dan umur, serta patuhi anjuran dokter.

Diakhir acara, narasumber berpesan agar seluruh masyarakat dapat menjaga kesehatannya sedini mungkin, mulai dari menyediakan makanan pendamping ASI yang sehat, serta makanan dan jajan sehat diusia sekolah hingga dewasa. Selain itu, terapkan pola hidup sehat, batasi asupan gula, lemak dan garam, jaga berat badan ideal, lakukan aktivitas fisik setiap hari, kelola stress dan kurangi aktivitas diluar rumah disaat pandemi COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *