Bulan Imunisasi Anak Sekolah

SD Marsudirini 77 – Sebanyak 25 siswa Kelas 1 SD Marsudirini 77 Salatiga mengikuti kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) oleh Tim Kesehatan Puskesmas Sidorejo Lor, Jum’at (14/08/2020).

BIAS merupakan upaya untuk melindungi generasi emas bangsa yang sedang duduk di bangku sekolah dasar kelas 1, 2 dan 5 melalui pemberian imunisasi.Pelaksanaan BIAS ditengah pandemi COVID-19 dengan mengedepankan protokol kesehatan. Pelayanan imunisasi di Sekolah sesuai prinsip pencegahan dan pengendalia infeksi (PPI) yang dimulai dari kedatangan hingga kepulangan seluruh siswa dan wali murid serta diwajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan lainnya.

Rangkaian pelaksanaan BIAS antara lain pada saat kedatangan dimulai dari mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan diukur suhu tubuhnya. Dilanjutkan dengan pendaftaran, cek pemeriksaan umum, penyuntikan imunisasi, pemberian obat turun panas, multivitamin dan obat cacing. Selanjutnya siswa dan pendamping memasuki ruangan untuk skrinning kesehatan mata bagi siswa dan menilai adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) dengan menunggu selama 30 menit. Sambil menunggu, wali murid diminta mengisi kuesioner kesehatan mental.Setelah masa tunggu selesai dan tidak ada keluhan, siswa dan wali murid diminta cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir ditempat yang tersedia dan dilakukan pengukuran suhu tubuh sebelum pulang, serta dihimbau untuk segera mandi dan ganti pakaian setibanya dirumah.

Selain itu, setiap selesai pemeriksaan setiap siswa, petugas mengganti sarung tangan medis dan mendisinfeksi alat kesehatan yang telah digunakan untuk memastikan alat tersebut aman untuk digunakan pada pemeriksaan selanjutnya.Kegiatan diakhiri dengan desinfeksi seluruh ruangan yang memastikan bahwa ruangan tersebut aman untuk digunakan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *