Dialog interaktif di radio SS dengan tema Pencegahan dan Pengendalian penyakit Hepatitis

Radio Suara Salatiga – dr. Ibtisam Aulia Nasution selaku dokter internship Puskesmas Kalicacing menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema pencegahan dan pengendalian penyakit hepatitis, Selasa (01/09/2020).

Hepatitis adalah peradangan pada hati yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu atau penyakit autoimun.Pada hepatitis yang disebabkan oleh infeksi virus, maka dapat menular. Terdapat berbagai jenis hepatitis antara lain hepatitis A yang disebabkan oleh infeksi virus Hepatitis A dan ditularkan melalui makanan/minuman yang terkontaminasi feses penderita hepatitis A yang mengandung virus hepatitis A.Hepatitis B disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B yang ditularkan melalui cairan tubuh penderita hepatitis B seperti darah, cairan vagina dan air mani. Sedangkan Hepatitis C ditularkan oleh virus hepatitis C dan ditularkan melalui cairan tubuh yang dapat terjadi saat berhubungan seksual tanpa kondom atau menggunakan jarum suntik bekas penderita hepatitis C.

Hepatitis dapat bersifat akut maupun kronis, ditandai dengan gejala berupa demam, mual, muntah, nyeri sendi, nyeri perut bagian kanan atas, timbul penyakit kuning, warna urine seperti teh dan tinja pucat.Jika tidak ditangani dengan baik, hepatitis berpotensi menimbulkan komplikasi seperti gagal hati, sirosis dan kanker hati. Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan dengan menerapkan perilaku hidup dan bersih dalam kehidupan sehari-hari diantaranya mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin, hindari konsumsi makanan mentah, rebus air sebelum dikonsumsi, hindari perilaku seks tidak aman, hindari berbagi barang pribadi, jaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur dan istirahat cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *