Workshop Nasional KKS Regional II

Rumdin Walikota Salatiga – Ketua Forum Kota Salatiga Sehat (FKSS) , Ibu Titik Kirnaningsih bersama Tim Pembina dan Tim Teknis Kota Salatiga Sehat beserta pimpinan OPD se-Kota Salatiga mengikuti Workshop Nasional Kabupaten Kota Sehat (KKS) Regional II Tahun 2020, di Rumah Dinas Walikota Salatiga, Rabu (09/09/2020).

Workshop dibuka oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH. Narasumber workshop antara lain Direktur SUPD III Kemendagri, Dirjen Kesling Kemenkes, Kasi Penyehatan Kawasan Subdit PUTK,dan Kasubdit Kesehatan Kemendagri.Dr. Kirana Pritasari, MQIH menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten/Kota yang telah mendukung pelaksanaan Kota Sehat dan berpesan untuk mempererat kerjasama melalui Forum Kabupaten/Kota Sehat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Forum Kota Salatiga Sehat, Ibu Titik Kirnaningsih menyampaikan beberapa hal terkait Forum Kota Salatiga Sehat agar dapat menjadi pelopor perubahan perilaku masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ditengah pandemi COVID-19. “Mudah-mudahan dengan adanya FKSS akan membuat COVID-19 di Kota Salatiga menjadi lebih mudah ditangani” Imbuhnya.

Melalui kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah SKM, M.Kes menyampaikan agar seluruh seluruh OPD dapat meneruskan apa yang direkomendasikan dalam workshop nasional KKS 2020.Kota Sehat adalah suatu kondisi dari suatu wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi dengan lintas sektor terkait.Terdapat 3 tingkatan penghargaan kota sehat (Swasti Saba) yaitu Padapa (Pemantapan), Wiwerda (Pembinaan) dan Wistara (Pengembangan). Swasti Saba Wistara merupakan tingkatan penghargaan tertinggi, yang mana Kota Salatiga telah berhasil meraih penghargaan tersebut.Kegiatan ditutup dengan diskusi tanya jawab dan penyusunan kesepakatan hasil workshop nasional KKS 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *