Audiensi Program KTR dengan Walikota Salatiga

Rumdin Walikota – Dalam rangka pengembangan dan implementasi program Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Salatiga, Muhammadiyah Tobacco Control Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (MTCC-UMY) melakukan audiensi dengan Walikota Salatiga di Rumah Dinas Walikota pada Selasa (10/9/19)

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari audiensi sebelumnya antara MTCC-UMY dengan DKK Salatiga pada 15 Maret dan 3 September 2019.

Tim audiensi terdiri dari 4 orang yaitu Dr. Aries Hamzah, MKM (Kasi Paru Kronis, Dirjen P2PTM Kemenkes RI), Dianita Susiyo, S.Kep.,Ns.,MHID (Vice Director MTCC), Resti Yulianti Sutrisno, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,Sp.Kep.MB (Manager Advocacy and Implementation Project MTCC), dan Ardiansyah Tanjung, SH.,M.Kn (Team Leader Advocacy and Implementation Project MTCC).

Audiensi diawali dengan pemaparan implementasi KTR di Kota Salatiga oleh Sekretaris Dinas Kesehatan M. Marhadi, SKM. Program KTR sudah tertuang dalam RPJMD 2017-2022. Selain itu ia juga menjelaskan tentang kegiatan yang telah dan yang belum dilaksanakan.

“Kami berkomitmen untuk mengimplementasikan Perda dan Perwali Penyelenggaraan KTR di Salatiga, sepaham dan sepakat untuk melakukan sosialisasi, menerapkan lokasi larangan merokok dan mencegah perokok pemula” papar Yulianto dalam sambutannya.

Untuk mewujudkan Salatiga sebagai KTR tidak lepas dari peran pemerintah, lintas program dan lintas sektor terkait yaitu Dinas Pendidikan, DP3A, Bapelitbangda, BKD, Satpol PP, Kemenag, Kecamatan, dan TP PKK, yang turut hadir pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk mewujudkan output dari indikator KTR yaitu terwujudnya KTR di semua tatanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *