Bimbingan Teknis Penjamah Makanan

DKK Salatiga – Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096/MENKES/PER/VI/2011 tentang Hygine Sanitasi Jasaboga dan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096/MENKES/SK/VII/2003 Tentang Persyaratan Hygine Sanitasi Rumah Makan dan Restoran. Sehubungan dengan itu Dinas Kesehatan Kota Salatiga menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penjamah Makanan , di Aula Dinas Kesehatan Kota Salatiga pada 24 – 25 Maret 2021, dengan peserta Pelaku Jasaboga di TPM (Tempat Pengelolaan Makanan) seperti Catring, Rumah Makan, Pengusaha Kantin di Kota Salatiga.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah, SKM, M.Kes. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan terkait hiegine penjamah makanan yang nantinya peserta mendapatkan sertifikat pelatihan Penjamah Makanan, sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Sertifikat Layak Hygine Sanitasi TPM (Tempat Pengelolaan Makanan).

Pelatihan penjamah makanan terkait sanitasi dan higiene Tempat Pengolahan Makanan (TPM) harus dilakukan karena didalamnya terdapat kegiatan dan upaya yang ditujukan untuk kebersihan dan keamanan makanan agar tidak mengakibatkan bahaya serta keracunan dan penyakit pada manusia.

Peserta akan mendapatkan beberapa materi selama 2 hari, antara lain Kebijakan Sertifikasi Laik Sehat Bagi Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) dimasa Pandemi Covid-19 , 6 Prinsip dalam Penerapan Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman, Penyakit Bawaan Makanan, Keamanan Pangan dan Personal Hieginen. Hadir sebagai narasumber Siti Zubaidah, S.Si, Apt, Siti Yulaikah, SKM, M.Kes. , dr. Tasfiyah Sri Prihati, Winarni SKM.

Dengan kegiatan ini diharapkan peran Pelaku Penjamah Makanan / Pengolah Makanan akan mengetahui dan lebih dapat menerapkan personal higinene terkait pengolahan makanan agar makanan yang diproduksi lebih aman Serta dapat meninimalisir resiko tercemarnya makanan sehingga kejadian keracunan pangan akan dapat diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *