Bimtek penjamah makanan

UPT KPM – Kondisi badan yang sehat dengan daya tahan tubuh yang tinggi dipengaruhi berbagai faktor diantaranya asupan makanan sehat dan higienis. Konsumsi makanan sehat dapat menunjang produktivitas sekaligus membuat organ tubuh berfungsi dengan baik. Sebaliknya mengkonsumsi makanan yang kurang higienis berpotensi tertular berbagai macam penyakit utamanya penyakit bawaan makanan seperti diare, tipes, dll.

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola makanan agar dapat menyajikan makanan yang sehat dan higienis, DKK Salatiga mengadakan Bimbingan Teknis Penjamah Makanan, di Aula UPT KPM, Rabu-Kamis (05-06/02/2020). Peserta sebanyak 30 orang yang terdiri atas Petugas Instalasi Gizi Rumah Sakit, Pengelola Makanan Perusahaan, Hotel dan Jasa Boga di Kota Salatiga.

Kegiatan dibuka oleh Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, SKM, M.Kes. Narasumber kegiatan Danny Setiawan, SKM, M.Kes (Kasi Kesling Kesjaor Dinkesprov Jateng) dengan tema hygiene sanitasi makanan dan minuman, Suparli, SKM, M.Kes (Kabid Kesmas DKK Salatiga), dan Winarni, SKM (Kasi KLKK DKK Salatiga).

Dalam sambutannya Kepala DKK Salatiga menyampaikan pentingnya menjaga higienitas makanan yang disajikan. “ Jangan anggap remeh produk olahan yang disajikan, biasakan cuci tangan pakai sabun baik sebelum menjamah bahan makanan maupun ketika akan menyajikan makanan serta jangan lupa memakai Alat Pelindung Diri (APD) seperti tutup kepala” Paparnya.

Perilaku cuci tangan pakai sabun terbukti dapat membunuh mikroorganisme patogen yang berada di tangan sehingga membantu mencegah penyakit menular. Pemakaian APD sangat penting dalam pengelolaan makanan, hal ini untuk menghindari tercemarnya makanan misalnya melalui rambut.

Peserta akan mendapatkan sertifikat bimtek penjamah makanan. Sertifikat ini sangat penting bagi penjamah makanan sebagai bukti bahwa mereka sudah mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan makanan secara higienis sehingga dapat diaplikasikan dalam pekerjaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *