BIMTEK Pokmair di KSM Tirta Tingkir

Tingkir Salatiga – Sebanyak 40 orang pengurus dan pengelola Pokmair/ Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) hadir dalam Bimbingan Teknis Pokmair di KSM Tirta Tingkir, pada Sabtu (22/2/2020).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Asfiyah, SKM selaku programer Kesehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kota Salatiga. Ia menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membina KSM dalam melakukan pengelolaan air minum yang mencakup 4K (Kualitas, Kuantitas, Ketersediaan, dan Keterjangkauan).

Masyarakat mempunyai peranan penting dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan dari lingkungannya, oleh karena itu kesehatan merupakan hak dan kewajiban serta tanggung jawab setiap orang. Salah satu peran serta masyarakat dalam pengelolaan pembangunan, pemanfaatan, pemeliharaan dan pengembangan sarana penyediaan air minum.

Ada 25 KSM di Kota Salatiga yang sumber airnya berasal dari air bawah tanah dan termasuk dalam perpipaan non PDAM. Pemantauan sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan secara rutin dengan pengambilan sampel utk pemeriksaan bakteriologis setiap 3 bulan sekali dan pemeriksaan kimia setahun sekali. Hasil pemeriksaan laboratorium untuk semua KSM telah memenuhi syarat kesehatan, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Dengan bimtek ini diharapkan semua pengurus dan pengelola KSM lebih memahami tentang pengelolaan air minum, sehingga akan meningkatkan akses penyediaan air minum yang memenuhi syarat kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *