Desiminasi Hasil Kajian Audit Maternal Perinatal (AMO)

Grand Wahid Hotel – Sebanyak 40 orang yang terdiri atas Bidan Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kota Salatiga mengikuti kegiatan Desiminasi Hasil Kajian Audit Maternal Perinatal (AMP) di Hotel Grand Wahid, Rabu-Kamis (04-05/12/2019). Kegiatan dibuka oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM. Pada hari pertama kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Suparli, SKM, M.Kes (Kabid Kesmas), sedangkan pada hari kedua dengan narasumber dr. Agung Supriandono, Sp. OG (RSUD Salatiga), dr. M. Syaifulhaq, M.Si,Med, Sp. A dan dr. Wahyu Setianingsih, M.Kes, Epid (Dinkesprov Jateng).

AMP merupakan serangkaian kegiatan penelusuran penyebab kesakitan dan kematian ibu, perinatal dan neonatal guna mencegah kesakitan dan kematian serupa di masa yang akan datang. Tujuan dilaksanakan AMP antara lain menentukan sebab dan faktor terkait dalam kesakitan dan kematian ibu dan perinatal, sekaligus menentukan jenis intervensi & pembinaan yang diperlukan.

Upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan tugas bersama, tidak hanya pemerintah, namun juga lintas sektor maupun organisasi profesi terkait.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM dalam sambutanya bahwa kematian ibu dan anak menjadi fokus dan tanggung jawab kita bersama, tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Kota Salatiga melalui DKK Salatiga, tetapi juga tanggung jawab semua pihak yang bersinggungan dengan pelayanan kesehatan ibu hamil dan anak. “Puskesmas, Posyandu, Klinik menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan dengan menerapkan standar pelayanan kesehatan yang berlaku” Imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Walikota menyampaikan pesan agar seluruh tenaga dan fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Salatiga memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi seluruh masyarakat sehingga tercipta Kota Salatiga yang sehat, ibu hamil dan melahirkan dalam kondisi sehat dan menciptakan generasi yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *