Dialog interaktif di radio suara Salatiga dengan tema pencegahan dan penanggulangan hepatitis

Radio Suara Salatiga – Dalam upaya memberikan edukasi tentang penyakit hepatitis kepada masyarakat luas, dr. Ratih Vitha dari Puskesmas Cebongan menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga yang menyampaikan materi pencegahan dan penanggulangan hepatitis, Selasa (03/09/2019).

Sebagai organ intestinal terbesar, hati memiliki fungsi yang sangat kompleks antara lain membuang zat yang tidak berguna bagi tubuh sekaligus sebagai pusat berbagai proses metabolisme tubuh. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi hati dapat mengalami gangguan terutama bila terinfeksi virus seperti hepatitis.

Gejala yang nampak pada penderita hepatitis antara lain demam ringan, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, nyeri perut bagian atas, air seni seperti teh, tinja pucat dan terjadi perubahan warna kulit dan mata menjadi kuning.

Virus Hepatitis A dapat ditularkan melalui makanan/minuman yang tercemar tinja bervirus hepatitis A. Lain halnya dengan Virus Hepatitis B yang ditularkan melalui darah, jarum suntik, pisau cukur, tatto dll. Sedangkan virus Hepatitis C sebagai penyebab utama sirosis dan kanker hati dapat ditularkan melalui darah dan cairan tubuh.

Pencegahan hepatitis dapat dilakukan dengan vaksinasi, membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan pakai sabun, mengolah makanan dan minuman secara higienis, menjaga kebersihan lingkungan, serta menghindari berbagai perilaku berisiko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *