Dialog interaktif di radio SS dengan tema Bahaya radiasi dan Proteksi radiasi

Radio Suara Salatiga – Dalam rangka Hari Radiografer Sedunia yang jatuh pada 8 November 2019, Muhamad Faik, S.ST, M.Tr,ID, Ni Putu Jawi Asri Widiani, Amd. Rad, Nurul Husna Widiani, Amd. Rad dari Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) Cabang Salatiga memberikan edukasi kepada masyarakat luas melalui dialog interaktif bertema “Bahaya Radiasi dan Proteksi Radiasi” di Radio Suara Salatiga, Selasa (05/11/2019).

Radiasi adalah energi yang terpancar dari materi dalam bentuk partikel atau gelombang. Terdapat dua jenis radiasi, yaitu radiasi alam contohnya pancaran sinar matahari dan radiasi buatan yang dibangkitkan dari alat.

Pancaran radiasi buatan dapat dimanfaatkan dalam dunia kesehatan sebagai penunjang diagnostik melalui pemeriksaan radiologi. Berbagai masalah kesehatan yang membutuhkan pemeriksaan radiologi antara lain kecelakaan/patah tulang, penyakit paru-paru, therapi kanker, pemecahan batu ginjal/ISWL, memantau perkembangan janin, dan lain sebagainya. Pemeriksaan radiologi tersebut menghasilkan sebuah gambaran yang digunakan oleh dokter sebagai penunjang untuk menentukan diagnosa.

Apabila tidak digunakan semestinya, pancaran radiasi dapat berbahaya bagi manusia. Radiasi dosis besar dalam 1 titik dapat menyebabkan kematian sel, kanker kulit hingga kematian. Untuk itu diperlukan penerapan pemeriksaan radiologi sesuai standar, antara lain sebelum menjalani pemeriksaan radiologi, pasien harus memiliki surat keterangan dari dokter yang meminta pasien tersebut untuk menjalani pemeriksaan radiologi dan taati instruksi petugas saat akan menjalani pemeriksaan radiologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *