Dialog interaktif di radio SS dengan tema Corona Virus (COVID-19)

Radio Suara Salatiga – Dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat luas terkait penyakit yang ditimbulkan oleh virus corona (COVID-19), dr. Tasfiyah Sri Prihati selaku Kasi SKI DKK Salatiga menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Infeksi Virus Corona (COVID-19), Selasa (03/03/2020).

Corona Virus (COVID-19) merupakan virus penyebab gangguan pernapasan akut yang ditandai dengan demam tinggi > 38 C, batuk, pilek, sakit tenggorokan, gangguan pernapasan/sesak napas, letih dan lesu. Asal mula virus ini dari China dan masih satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Diduga penularan COVID-19 berasal dari konsumsi hewan liar, kemudian virus menjangkiti manusia dan terjadi penularan dari manusia ke manusia melalui droplet yang terhirup oleh orang yang sehat.

Secara umum, gejala COVID-19 seperti flu pada umumnya namun disertai sesak nafas berat hingga gagal nafas yang berpotensi menimbulkan kematian. Selain itu, COVID-19 juga dapat mengakibatkan gagal ginjal yang dapat berakibat fatal bagi penderita.

Terdapat 4 kriteria kasus COVID-19 yaitu pemantauan, pengawasan, probabel, dan konfirmasi positif COVID-19. Kriteria pemantauan yaitu orang dari negara terjangkit yang datang dalam kondisi sehat, kemudian akan dipantau selama masa inkubasi selama 14 hari. Apabila terdapat gejala COVID-19 akan masuk ke kriteria pengawasan. Pada kriteria ini penderita dirujuk ke RS Rujukan, seperti RS Kariadi, RS Moewardi, RS Tidar dan akan dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Apabila hasil laboratorium dinyatakan negatif COVID-19 maka penderita masuk kriteria probable yang berarti aman. Namun, apabila positif maka penderita masuk kriteria konfirmasi positif yang akan mendapatkan penanganan lebih lanjut hingga hasil laboratorium dinyatakan negatif.

COVID-19 dapat disembuhkan, apabila terdeteksi secara dini dan cepat mendapatkan penanganan yang tepat. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui makan makanan gizi seimbang, rajin aktivitas fisik/olahraga, jaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pakai masker dengan benar, konsumsi buah utuh tanpa gigitan hewan liar, dan apabila ada gejala flu seperti demam, batuk, pilek segeralah berobat ke Fasilitas Kesehatan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *