Dialog interaktif di radio SS dengan tema “Gizi optimal untuk generasi milenial”

Radio Suara Salatiga – Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-60, Lilis Arum Pratiwiningsih, SKM, M.Kes selaku Kasi Kesga dan Gizi DKK Salatiga menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Gizi Optimal untuk Generasi Milenial, Selasa (21/02/2020).

Faktor yang mempengaruhi kesehatan salah satunya adalah konsumsi makanan bergizi seimbang. Gizi yang optimal sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi, anak-anak dan seluruh kelompok umur. Asupan gizi yang baik akan membuat berat badan normal, sehat dan daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Sebaliknya dengan asupan gizi yang tidak optimal akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, diantaranya berpotensi menimbulkan berbagai penyakit infeksi dan Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Dalam mengkonsumsi makanan harus memperhatikan prinsip 4 pilar yaitu keanekaragaman pangan, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal.

Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan indikator yang menunjukkan keseimbangan zat gizi dalam tubuh seseorang berdasarkan perbandingan berat badan dan tinggi badan. Seseorang dikatakan memiliki IMT normal apabila angka IMT sebesar 18,5 – 25.

Terciptanya berbagai ragam kuliner cepat saji dengan berbagai pilihan rasa menggungah selera, turut merubah pola makan masyarakat tak terkecuali generasi milenial. Untuk itu sangat penting untuk memberikan edukasi kepada generasi milenial agar dapat memenuhi asupan gizi seimbang, yaitu dengan membiasakan makan 3 kali sehari (pagi, siang dan malam) bersama keluarga, konsumsi ikan dan sumber protein lainnya, konsumsi sayur dan buah, biasakan membawa bekal makanan dan air putih dari rumah, batasi konsumsi makanan cepat saji, sikat gigi minimal 2x sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur, dan hindari merokok.

Selain itu sangat penting bagi remaja putri untuk mengkonsumsi sayuran warna hijau dan buah-buahan berwarna seperti pepaya, jeruk, mangga, serta konsumsi tablet tambah darah untuk mencegah anemia. Ayo jadi Milenial sadar gizi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *