Dialog interaktif di radio SS dengan tema Kawasan Tanpa Rokok

Radio Suara Salatiga – Diawal tahun 2020 ini, dialog interaktif penyuluhan kesehatan di Radio Suara Salatiga menghadirkan narasumber Tina Widiastuti,SKM selaku Penyuluh Kesehatan Masyarakat pada DKK Salatiga yang menyampaikan materi dengan tema Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Selasa (07/01/2020).

KTR merupakan ruangan/area yang dinyatakan terlarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan produk tembakau. Dasar hukum penerapan KTR di Salatiga terdapat pada Perda No. 6 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kawasan Tanpa Rokok dan Perwali No. 6 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kawasan Tanpa Rokok.

Implementasi KTR bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian, meningkatkan produktivitas kerja, mewujudkan kualitas udara yang sehat dan bersih bebas asap rokok, menurunkan angka perokok dan mencegah perokok pemula serta mewujudkan generasi muda yang sehat.

Sasaran KTR antara lain fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar/institusi pendidikan, tempat bermain anak, tempat kerja, panti sosial dan tempat umum lainnya.
Langkah-langkah Implementasi KTR di Kota Salatiga yaitu membuat kebijakan KTR, membuat SK Penetapan Lokasi KTR, membuat SK Pokja KTR, penyiapan infrastruktur, sosialisasi KTR, pengawasan dan penegakan hukum, serta pemantauan dan evaluasi.

Merokok merupakan perilaku yang dapat membahayakan kesehatan, tidak hanya untuk perokok, namun juga orang-orang yang berada di sekitar perokok yang turut menghirup asap rokok tersebut. Asap rokok yang terhirup dapat menimbulkan efek buruk jangka pendek dan jangka panjang. Efek tersebut diantaranya sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, bahkan dapat memicu penyakit kanker baik pada paru-paru maupun saluran nafas lain.

Sehat itu anugerah Allah yang sangat berharga. Maka perlu kita jaga bersama untuk kehidupan yang lebih baik. Mari kita bersama mewujudkan Kota Salatiga sehat tanpa asap rokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *