Dialog interaktif di radio SS dengan tema keamanan pangan di saat pandemi

Radio Suara Salatiga – Kasi Farmamin DKK Salatiga, Siti Zubaidah, S.Si. Apt menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Keamanan Pangan disaat pandemi COVID-19, Selasa (05/05/2020).

Narasumber menyampaikan beberapa tips keamanan pangan ditengah pandemi COVID-19 dimulai dari menyusun daftar belanja, memilih makanan yang aman dengan “cek KLIK” meliputi cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kadaluarsa. Makanan yang kemasan sudah tidak utuh, bocor atau peyok berpotensi terkontaminasi mokroorganisme patogen.

“Pilihlah bahan makanan yang segar dan tetap perhatikan jarak aman ketika belanja yaitu sekitar 1 meter, dan jangan lupa pakai masker. Setelah itu cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir” Paparnya.

Terdapat 5 kunci keamanan pangan yaitu jagalah kebersihan (tangan, bahan makanan, alat masak, alat saji), pisahkan bahan makanan matang dan mentah, masaklah dengan benar misalnya memasukkan garam ketika api sudah mati, simpanlah bahan pangan di suhu yang sesuai, serta gunakan air dan bahan baku yang aman.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi, olah raga ringan, berjemur sekitar 15 menit, kelola stress, istirahat yang cukup dan bijaklah dalam bermedsos.

Diakhir acara, narasumber membagikan tips untuk mengecek keaslian suatu produk yaitu dengan mengunduh dan mengakses aplikasi cek BPOM dari Playstore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *