Dialog Interaktif di Radio SS dengan Tema Kesehatan Reproduksi Remaja

Radio Suara Salatiga – dr. Erlinda Nerini M S. selaku dokter Puskesmas Tegalrejo menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Kesehatan Reproduksi Remaja, Selasa (02/11/2021).

Menjaga kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat penting bagi segala usia baik remaja maupun dewasa.Mulai berfungsinya sistem reproduksi wanita ditandai dengan menstruasi. Peristiwa ini merupakan proses meluruhnya dinding rahim (endometrium) berisi pembuluh darah yang keluar melalui vagina. Siklus ini terjadi setiap bulan dan menjadi tanda bahwa telah diproduksinya sel telur dan siap jika terjadi kehamilan.Berbagai masalah reproduksi bagi wanita antara lain keputihan, hingga penyakit tidak menular seperi kanker. Timbulnya keputihan pada wanita dengan pengaruh hormonal merupakan kondisi normal. Akan tetapi bila keputihan menimbulkan rasa gatal, berwarna hijau/kekuningan dan menimbulkan bau yang tidak sedap dimungkinkan merupakan tanda sebuah penyakit.

Mempersiapkan kesehatan reproduksi perlu dilakukan saat masih remaja termasuk sebelum menikah. Kesehatan bayi yang dilahirkan tidak hanya dipengaruhi oleh kesehatan ibu pada saat itu, tetapi juga kesehatan ibu pada saat masih remaja. Untuk itu sangat penting bagi remaja putri untuk menjaga kesehatannya jangan sampai terjadi anemia dengan rutin mengkonsumsi pil cantik.

Diakhir acara, narasumber mengajak seluruh masyarakat untuk peduli akan kesehatan reproduksi dengan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *