Dialog Interaktif di Radio SS dengan Tema Menjaga Penderita PTM pada Masa Pandemi Covid-19

Radio SS – Penyakit COVID-19 dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Namun, COVID-19 diketahui lebih berisiko menyerang orang-orang dengan kondisi medis tertentu contohnya Penyandang PTM. Pada kelompok tersebut, COVID-19 juga cenderung dapat menimbulkan komplikasi dan gejala yang lebih berat.

Pada kesempatan ini Dinas Kesehatan Kota Salatiga melakukan penyuluhan dalam bentuk dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema “Menjaga Penderita PTM pada Masa Pandemi COVID-19” dengan narasumber Kasi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, Pudjaningrum, SKM, pada Selasa 02/03/21.

Penyakit tidak menular kebanyakan bersifat kronis, yaitu terjadi secara perlahan dan bisa menetap dalam jangka waktu yang lama. Selain berlangsung lama, penyakit kronis juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan penderitanya menurun secara bertahap, sehingga rentan terkena infeksi.

Hal ini dikarenakan penyakit kronis menyebabkan sistem kekebalan tubuh penderitanya melemah dan lebih sulit melawan infeksi. Akibatnya, tubuh penderita penyakit kronis akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk COVID-19 yang disebabkan oleh infeksi virus Corona.

Selama masa sulit ini, penderita PTM perlu tetap menjalani pola hidup sehat untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin mencuci tangan, mengurangi stres, rutin berolahraga di rumah, dan menjauhi asap rokok.

#PTM

#PolaHidupSehat

#SeksiPromkes_Dinkes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *