Dialog interaktif di radio SS dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS

Radio Suara Salatiga – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, Rahayunis Permatasari selaku Pemegang Program Komisi Penanggulangan AIDS Kota Salatiga menjadi narasumber dialog interaktif dengan tema pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, di Radio Suara Salatiga, Selasa (3/12/2019).

AIDS merupakan sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena infeksi Virus HIV. Gejala yang ditimbulkan antara lain demam berkepanjangan, infeksi jamur di mulut, pembengkakan kelenjar di lipatan paha, lengan, dan leher, berat badan menurun drastis, terdapat bercak ungu di kulit dan diare berkepanjangan. Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga orang yang terinfeksi HIV mudah terinfeksi penyakit.

Ketika seseorang tertular HIV, pada 3-6 bulan pertama disebut periode jendela, pada fase ini sudah bisa menularkan virus HIV. Pada fase 3-10 tahun pengidap HIV masih terlihat sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa. Baru pada 1-2 tahun kemudian, mulai timbul gelaja AIDS ditandai dengan infeksi opportunistik yang tidak berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh normal, namun dapat berakibat fatal bagi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Virus HIV dapat ditularkan melalui kontak darah, cairan sperma/vagina dan ASI. Cara penularannya melalui hubungan seks berganti-ganti pasangan tanpa pengaman, menggunakan alat suntik tidak steril secara bergantian, dan proses hamil, melahirkan serta menyusui. Untuk itu diwajibkan bagi ibu hamil untuk tes HIV, Sifilis dan Hepatitis melalui program ANC terpadu, yang dapat diperoleh di Puskesmas secara gratis.

HIV tidak ditularkan melalui bersalaman, berpelukan, berenang bersama, makan bersama, gigitan nyamuk, dan memakai toilet bergantian. HIV dapat dicegah dengan A, B, C, D, E. Anda jauhi seks, Bersikap setia, Cegah dengan menggunakan kondom, Dihindari pemakaian narkoba suntik, Education pendidikan dan penyuluhan tentang HIVdan AIDS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *