Dialog interaktif di radio SS dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan Kesehatan Jiwa

Radio Suara Salatiga – dr. Bramasto Adi Prabowo selaku dokter Puskesmas Cebongan menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan Kesehatan Jiwa, Selasa (05/10/2021).

Gangguan jiwa merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain secara signifikan. Jika tidak diobati, orang yang mengalami gangguan jiwa akan sulit beraktivitas, bekerja, dan bahkan berinteraksi dengan orang lain.

Berbagai hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan jiwa antara lain faktor genetik/bawaan lahir, riwayat keluarga yang memiliki gangguan jiwa, stress berat, dan lainnya.Terdapat berbagai macam gangguan jiwa yang memiliki tanda dan gejala berbeda. Gangguan jiwa yang sering terjadi antara lain gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, gangguan psikotik, gangguan suasana hati, dan lainnya.

Penanganan yang cepat dan tepat mampu meningkatkan peluang penderita gangguan jiwa untuk dapat pulih dan beraktifitas seperti sediakala. Selain itu, dukungan keluarga dan masyarakat sekitar menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pemulihan gangguan jiwa.

Agar kesehatan jiwa tetap terjaga terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain lakukan aktivitas yang menjadi hobi (me time), istirahat yang cukup, olahraga/aktivitas fisik, makan makanan bergizi, dan hindari minuman beralkohol/zat adiktif. Bila sedang mengalami masalah yang membuat kita tertekan, cobalah untuk berbagi/bercerita kepada orang yang dapat dipercaya, bina hubungan baik dengan orang lain dan belajarlah untuk mengelola stress.

Jika kita mencintai diri kita, kita tidak akan merusak kesehatan jiwa dan raga kita dengan kebiasaan-kebiasaan yang buruk, karena itu mari kita jaga kesehatan jiwa dan raga kita dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat, pola makan yang sehat dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 5M di masa pandemi ini agar semuanya tetap aman, sehat dan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.