Dialog interaktif di radio SS dengan tema Pencegahan Penyakit Hipertensi

Radio Suara Salatiga – Dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat luas, dr. Eirine Megawati Saap selaku dokter Puskesmas Mangunsari menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Pencegahan Penyakit Hipertensi, Selasa (07/07/2020).

Hipertensi / tekanan darah tinggi merupakan kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah arteri secara kronis pada seseorang yang tidak mengkonsumsi obat anti hipertensi. Tekanan darah normal adalah 120/80mmHg.Faktor risiko hipertensi antara lain genetika, usia, jenis kelamin, stress/perasaan tertekan, kegemukan, kebiasaan merokok mengkonsumsi alkohol, kurang berolahraga, dll.

Meskipun sebagian orang dengan hipertensi tidak merasakan gejala apapun, namun terdapat gejala umum hipertensi antara lain sakit kepala terutama bagian tengkuk, vertigo, mual, muntah, mudah lelah, lesu, impoten, pandangan kabur, susah tidur, jantung berdetak cepat, mudah marah,dll.Bila tidak ditangani dengan baik, hipertensi dapat menimbulkan kerusakan organ seperti otak, jantung, ginjal dan mata.Selain itu, hipertensi merupakan penyakit komorbid/penyerta yang berbahaya dan dapat menimbulkan kompikasi lebih parah bagi pasien yang terinfeksi COVID-19.

Langkah pencegahan hipertensi dapat dilakukan dengan memeriksa tekanan darah secara teratur, menjaga berat badan, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, rutin berolahraga/aktivitas fisik, hindari stress dan istirahat yang cukup, serta mengatur pola makan dengan makan beraneka ragam makanan bergizi seimbang, diet rendah lemak dan rendah garam.Diakhir acara, dr. Eirine menyampaikan agar penderita hipertensi tetap semangat dalam menjaga kesehatan ditengah pandemi COVID-19. “ Terapkan pola hidup sehat, perhatikan asupan makanan dan jangan lupa bahagia” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *