Dialog interaktif di radio SS dengan tema Peran konselor laktasi dalam mendukung capaian ASI eksklusif

Radio Suara Salatiga – Dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia (PAS), Ketua Ikatan Konselor ASI Salatiga (IKAS), Titik K Anggraini, S.Pd menjadi narasumber dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema “Peran Konselor Laktasi dalam mendukung capaian ASI Eksklusif”, Selasa (04/08/2020).

Laktasi adalah proses menyusui mulai dari ASI diproduksi sampai proses bayi mengisap dan menelan ASI. Selama proses tersebut tak jarang ditemukan berbagai kendala yang dialami oleh ibu menyusui. Oleh karenanya perlu seorang profesional berpengalaman yang membantu ibu mengatasi kesulitannya tersebut.Keberhasilan menyusui didukung dengan teknik menyusui yang tepat, untuk itu penting bagi konselor laktasi untuk memberikan edukasi teknik menyusui yang tepat sebagai bekal calon ibu agar siap dan berhasil menyusui.

Selain itu, dukungan oleh orang disekitar ibu menyusui seperti ayah, kakek, nenek juga turut membantu menyukseskan program ASI Eksklusif.Pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Kandungan zat gizinya yang kompleks merupakan makanan yang paling sesuai bagi bayi. Selain itu, pemberian ASI juga menjalin kedekatan emosional antara ibu dan bayi.Produksi ASI dipengaruhi berbagai faktor salah satunya kondisi psikologis ibu. Kondisi stress, panik dan gelisah membuat produksi ASI menurun.

Sebaliknya kondisi ibu yang bahagia, santai, rileks ditambah seringnya frekuensi pemberian ASI, akan meningkatkan produksi ASI.Ibu bekerja masih dapat memberikan ASI Eksklusif, dengan memerah ASI setiap 2 jam kemudian menyimpan ASI Perah didalam botol kaca dan masukkan kedalam cooler bag. Setibanya dirumah masukkan ASI perah kedalam freezer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *