Dialog Interaktif di Radio SS mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Kanker Servick

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Selasa 12 Februari 2019 dr. Leni Herawati selaku dokter umum Puskesmas Kalicacing Salatiga melakukan dialog interaktif di Radio Suara Salatiga. Tema yang dibawakan mengenai pencegahan dan penanggulangan kanker servick.

Kanker servick merupakan penyakit kanker terbanyak di Indonesia. Kanker servick terjadi karena sel yang ada di leher rahim berkembang secara tidak normal dan tak terkendali karena infeksi virus Human Pappiloma Virus (HPV). Virus HPV dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Beberapa wanita yang berisiko terkena kanker servick antara lain wanita yang berhubungan sex terlalu dini dan berganti-ganti pasangan, menikah terlalu muda, merokok, imunitas rendah, kekurangan vitamin A,C,E.

Pada stadium awal, gejala kanker servick tidak terasa. Namun perlu diwaspadai bila terjadi haid abnormal yang terjadi diluar waktu haid, keputihan dalam waktu lama, berdarah dan berbau, nyeri panggul, dan kesulitan buang air kecil. Kanker servick dapat disembuhkan apabila diketahui sejak dini.
Pentingnya deteksi dini ini untuk mengetahui lebih awal sehingga dapat dilakukan tindakan pengobatan yang tepat. Deteksi dini kanker servick dapat dilakukan melalui pemeriksaan papsmear dan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA).

IVA dilakukan dengan mengoleskan 3-5% asam asetat kedalam leher rahim untuk kemudian dilihat secara visual apakah terjadi perubahan warna. Terapi ini dapat menunjukkan lesi pra kanker yang mendeteksi awal penyakit kanker servick. Pada pemeriksaan IVA, lesi pra kanker terlihat seperti sariawan berupa titik putih pada leher rahim. Apabila ditemukan lesi pra kanker, pengobatan selanjutnya adalah dengan krioterapi.

Kanker Servick dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan pola hidup sehat seperti gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dan CERDIK. Selain itu hindari perilaku berisiko seperti sex bebas, jaga kebersihan organ kewanitaan, dan rutin melakukan pemeriksaan IVA/Papsmear.

Mari kita cegah kanker servick melalui pemeriksaan IVA secara rutin. Pelayanan Pemeriksaan IVA dapat diperoleh di Puskesmas Kalicacing setiap Senin pada jam kerja, dengan ketentuan tidak sedang haid, tidak hamil dan tidak melakukan hubungan seksual selama 3 hari sebelum pemeriksaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *