Dialog interaktif di radio Suara Salatiga dengan tema Hepatitis B

Radio Suara Salatiga – Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai penyakit Hepatitis B, Naning Tri Harini, SKM selaku Kasi P2M DKK Salatiga bersama Yulietta Avianty, SKM (Staff P2M) menjadi narasumber dialog interaktif dengan tema Hepatitis B pada Ibu Hamil di Radio Suara Salatiga, Selasa (15/10/2019).

Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak, Pemerintah telah mencanangkan program “Triple Eliminasi” yaitu mencegah dan mengendalikan 3 penyakit antara lain HIV, Sifilis dan Hepatitis B.

Hepatitis B merupakan penyakit infeksi hati yang disebabkan virus Hepatitis B. Penyakit ini menimbulkan tanda berupa kulit tubuh yang menjadi kuning, nyeri perut, mual, cepat lelah, demam, nafsu makan berkurang dan kencing seperti air teh. Pada kondisi akut, Hepatitis B dapat sembuh dengan sendirinya, sedangkan pada kondisi kronis, Hepatitis B berpotensi menimbulkan sirosis/kanker hati.

Penularan Hepatitis B dapat terjadi secara vertikal yaitu dari ibu pengidap Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan saat persalinan. Deteksi dini Hepatitis B pada ibu hamil sangat penting dilakukan agar Ibu Hamil dapat menjalani kehamilan yang sehat, bersalin dengan selamat, melahirkan bayi yang sehat dan berkualitas, serta mencegah penularan penyakit Hepatitis B.

Langkah deteksi dini tersebut dapat dilakukan pada saat pemeriksaan ke tenaga kesehatan/ANC. Pemeriksaan Triple Eliminasi bersifat wajib bagi ibu hamil dan dapat diperoleh di Puskesmas secara gratis. Selain itu, upaya pencegahan Hepatitis B dilakukan melalui pemberian imunisasi Hepatitis pada bayi baru lahir > 24 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *