Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga dengan Tema Kesehatan Reproduksi bagi Calon Pengantin

Radio Suara Salatiga – Selasa (06/08/2019), Aulia Rahma Siwi, Amd. Keb menjadi narasumber Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga, dengan tema kesehatan reproduksi bagi calon pengantin.

Calon pengantin (catin) perlu mendapatkan pemeriksaan kesehatan untuk menentukan status kesehatan agar dapat merencanakan dan mempersiapkan kehamilan yang sehat dan aman.

Beberapa pemeriksaan kesehatan yang perlu diakses oleh catin antara lain pemeriksaan fisik, penunjang (laboratorium) dan status imunisasi (TT). Catin perlu mendapatkan imunisasi TT untuk mencegah dan melindungi diri terhadap penyakit tetanus, sehingga memiliki kekebalan untuk melindungi ibu dan bayi terhadap penyakit tetanus.

Selain itu, pengetahuan akan kesehatan reproduksi juga sangat penting bagi catin. Selain catin perempuan yang kelak akan hamil, catin laki-laki juga harus memiliki kesehatan yang baik dan pastisipasi dalam perencanaan keluarga sehat, seperti penggunaan alat kontrasepsi serta mendukung kehamilan dan persalinan yang aman.

Kedua catin harus bersama mendukung kesetaraan gender dan menghindari berbagai risiko penyakit reproduksi, seperti Infeksi Menular Seksual (IMS) termasuk HIV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *