Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema “Keterbukaan Informasi Publik DKK Salatiga”

Selasa 08/01/2019 merupakan dialog interaktif pertama DKK Salatiga di Radio Suara Salatiga pada tahun 2019. Narasumber dialog interaktif Tina Widiastuti, SKM selaku Pengelola Program Promosi Kesehatan DKK Salatiga dengan tema “Keterbukaan Informasi Publik DKK Salatiga”.

Seiring dengan berkembangnya teknologi termasuk teknologi informasi yang semakin mudah dan cepat diakses. DKK Salatiga berkomitmen untuk menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mampu mewujudkan keterbukaan informasi dan transparansi pelayanan publik melalui kebijakan, program kegiatan, dukungan anggaran dan rencana aksi. Salah satu upaya tersebut tertuang dalam website DKK Salatiga (dinkes.salatiga.go.id).

Dengan adanya website tersebut diharapkan masyarakat mengetahui program kegiatan DKK Salatiga dan mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi, baik berupa data, berita, maupun artikel tentang kesehatan.

Inovasi transparansi pelayanan publik tertuang dalam bentuk aplikasi yang sudah disajikan dalam website, antara lain :
1. Simon Baladek (Sistem Informasi Bayi Lahir Pendek)
Aplikasi ini berisi seputar informasi stunting dan merupakan program yang terintegrasi ke seluruh Puskesmas di Salatiga sehingga dapat mendeteksi bayi lahir pendek / sangat pendek secara terpadu untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.
2. SIRAH (Sistem Informasi Demam Berdarah)
Pada aplikasi ini tersaji jumlah kasus DB di Kota Salatiga lengkap dengan cara pencegahan dan penanggulangan DB.
3. Perijinan Online
Aplikasi ini berisi informasi alur dan syarat memperoleh berbagai ijin diantaranya ijin praktek tenaga kesehatan(dokter, bidan, apotek dll) dan ijin P-IRT. Pengajuan ijin online dapat melalui aplikasi ini.
4. PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
Aplikasi ini menampilkan capaian strata PHBS di Kota Salatiga. Terdiri dari 5 tatanan PHBS, yaitu : PHBS Tatanan Rumah Tangga, Institusi Pendidikan, Institusi Kesehatan, Tempat Kerja, dan Tempat-Tempat Umum.
5. Kesehatan Keluarga
Aplikasi ini berisi tentang data dan informasi seputar Kesehatan Ibu dan Anak di Kota Salatiga.
6. SPGDT (Sistem Penanggulangan Kegawatdaruratan Terpadu)
Berisi informasi untuk penanganan kasus kegawatdaruratan yang terjadi. Selain itu, informasi stok darah di PMI Cabang Salatiga juga ditampilkan disini.

Selain ke-6 Aplikasi tersebut, website DKK Salatiga juga menampilkan berbagai informasi antara lain informasi wajib berkala, informasi setiap saat, informasi serta merta, dan informasi yang dikecualikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *