Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga mengenai Diabetes Mellitus

Radio Suara Salatiga – Dewasa ini telah terjadi peningkatan angka penyakit tidak menular (PTM) tak terkecuali Diabetes Mellitus. Penyakit yang biasa dikenal dengan kencing manis ini dapat menyerang berbagai golongan usia, baik tua maupun muda.

Dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat luas, dr. Bara Tracy Lovita dan dr. Artrinda AKSP selaku dokter internship Puskesmas Kalicacing melakukan dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema pencegahan dan pengendalian penyakit Diabetes Mellitus, Selasa (2/4/2019).

Diabetes mellitus adalah penyakit gangguan metabolisme gula darah yang disebabkan kekurangan hormon insulin sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah dengan segala akibatnya. Seseorang yang terkena penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah berada diatas nilai normal.

Tingginya kadar gula dalam darah dikarenakan hormon insulin yang seharusnya mengubah gula menjadi energi, tidak bekerja secara optimal. Hal ini mengakibatkan seseorang akan cepat merasa lapar dan haus dan menimbulkan dorongan untuk banyak makan dan minum. Selain itu, gejala lain penyakit DM adalah seseorang akan lebih mudah lelah dan banyak kencing bahkan waktu malam hari.

Apabila tidak ditangani dengan baik, penyakit DM dapat menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya. Diantaranya dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Beberapa faktor yang meningkatkan potensi DM yaitu faktor keturunan, pola makan/ diet tidak sehat, dan kurang aktivitas fisik.

Pencegahan DM dapat dilakukan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Mendukung pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat dan membiasakan berperilaku CERDIK dengan Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *