Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga mengenai Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Radio Suara Salatiga – Pada bulan suci Ramadhan, seluruh umat islam menunaikan rukun islam yang ketiga, yaitu berpuasa. Bertepatan dengan momen tersebut, dr. Sudarmanto selaku dokter umum Puskesmas Mangunsari melakukan dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema manfaat puasa bagi kesehatan dan tips puasa sehat, Selasa (07/05).

Terdapat berbagai manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya dapat meningkatkan kemampuan otak sehingga dapat berpikir lebih tajam dan kreatif. Selain itu, dengan berpuasa dapat menekan produksi hormon kortisol sehingga dapat menurunkan tingkat stress seseorang. Hal ini dapat mempengaruhi produksi asam lambung yang menjadi lebih stabil.

Rutin melakukan puasa juga membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika berpuasa, kadar HDL / kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat, dan sebaliknya kadar LDL/kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah kita. Karena keberadaan LDL menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan membuat aliran darah tidak lancar sehingga berpotensi menimbulkan penyakit jantung dan stroke.

Puasa juga dapat menyehatkan ginjal dan mencegah diabetes. Dengan berpuasa, konsumsi gula dan makanan berlemak akan dapat terkontrol sehingga dapat mencegah diabetes dan penyakit lainnya.

Berbagai tips agar puasa yang kita jalankan dapat berjalan lancar, sehat dan bugar, antara lain niatkan menjalani puasa karena ibadah, utamakan makanan menu gizi seimbang, segerakan berbuka, minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari (1 gelas sebelum makan berbuka puasa, 1 gelas sesudah makan berbuka, 4 gelas antara berbuka dengan sahur, 1 gelas sebelum makan sahur, dan 1 gelas usai makan sahur), sahur diakhir menjelang imsak, atur kegiatan dan istirahat yang cukup, lakukan aktivitas fisik ringan, dan hindari yang serba “terlalu”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.