Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga mengenai Penanganan Kegawatdaruratan

Radio Suara Salatiga – Selasa 26 Februari 2019, Nurul Ahmad selaku anggota Tim PSC 119 SMES melakukan dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema penanganan kegawatdaruratan.

Kegawatdaruratan dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Kegawatdaruratan adalah kondisi dimana seseorang terancam keselamatannya dan membutuhkan pertolongan segera . Pentingnya penanganan kegawatdaruratan secara tepat bertujuan untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan.

Untuk menangani kejadian kegawatdaruratan, diperlukan Sistem Penanganan Kegawatdaruratan Terpadu (SPGDT). SPGDT merupakan sebuah sistem dimana koordinasi merupakan unsur utama yang bersifat multisektoral, multiprofesi untuk melaksanakan dan menyelenggarakan pelayanan terpadu bagi penderita gawat darurat, baik dalam keadaan sehari hari ,keadaan bencana maupun Kejadian Luar Biasa.

Prinsip SPGDT adalah memberikan pelayanan secara cepat,tepat dan cermat yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan (Time saving is life and limb saving), terutama hal ini dilakukan sebelum dirujuk kerumah sakit yang dituju.

Di Salatiga telah dibentuk sebuah tim khusus yaitu Public Savety Center (PSC) 119 Salatiga Medical Emergency Services (SMES) atau yang biasa dikenal PSC 119 SMES. Tim ini merupakan bagian dari SPGDT yang bergerak dibidang emergency medis pra rumah sakit, yang melayani seluruh warga kota Salatiga. Adapun pelayanan diberikan secara gratis.
Apabila terjadi kasus kegawatdaruratan, segera hubungi PSC 119 SMES.
Telpon (0298) 343 000
WA 081 818 191 119

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *