Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga mengenai Perijinan Online dan Jaminan Kesehatan Masyarakat Salatiga (JKMS)

Selasa 05/03/2019 – Indwina Puji Faminingsih, Amd melakukan dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Perijinan Online dan Jaminan Kesehatan Masyarakat Salatiga (JKMS).
JKMS merupakan upaya pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat kota Salatiga. Program ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin atau kurang mampu sehingga dapat memperoleh pelayanan kesehatan gratis.

Data peserta program JKMS divalidasi secara periodik sebanyak 2 kali dalam setahun. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan peserta dalam menerima bantuan program JKMS. Kelayakan seseorang untuk menjadi peserta JKMS ditentukan oleh Dinas Sosial.

Pelayanan peserta JKMS dibagi menjadi 2 mekanisme, yaitu melalui pembayaran premi bagi peserta JKMS yang terdaftar di BPJS dan pembayaran klaim rumah sakit bagi peserta JKMS yang belum terdaftar di BPJS. Peserta JKMS yang terdaftar di BPJS dapat memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan seperti peserta BPJS pada umumnya.

Untuk memperoleh pelayanan di fasilitas kesehatan, peserta JKMS dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:
a. Gawat Darurat : Peserta dapat langsung ke UGD dan akan mendapat surat keterangan gawat darurat.
b. Tidak Gawat Darurat : Pelayanan kesehatan secara berjenjang, peserta terlebih dahulu ke Puskesmas. Apabila peserta membutuhkan perawatan lanjutan, akan dirujuk ke fasilitas kesehatan diatasnya/rumah sakit. Sebelum masuk ke rumah sakit, terlebih dahulu peserta mengurus surat jaminan perawatan di Dinas Kesehatan.

Untuk mendapatkan surat jaminan perawatan dari Dinas Kesehatan, peserta harus melampirkan:
1. Fotocopy KTP
2. Fotocopy KK
3. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT, RW yang disahkan oleh Kelurahan dan Kecamatan.
4. Surat Keterangan gawat darurat (kasus gawat darurat)
5. Surat rujukan Puskesmas (kasus tidak gawat darurat)
6. Syarat No. 1 s/d 5 dibawa ke Dinas Sosial, untuk kemudian diterbitkan Surat Rekomendasi Tidak Mampu.
7. Apabila syarat No. 1 s/d 6 sudah lengkap, dibawa ke Dinas Kesehatan untuk mendapatkan Surat Jaminan Perawatan.
• Surat Jaminan Perawatan diurus dalam waktu 3×24 jam pada Hari Kerja (terhitung sejak masuk rumah sakit), tidak termasuk Sabtu, Minggu dan hari libur.
• Surat Jaminan Perawatan berlaku sampai akhir bulan, apabila habis dapat diperpanjang lagi, dengan melampirkan (Fotocopy KK, Kartu Kontrol/Rujukan, Surat Jaminan Perawatan lama)

Daftar Provider JKMS :
Faskes I : Puskesmas Se-Kota Salatiga
Faskes II : RSUD Salatiga, RST Dr. Asmir, RS Paru Ario Wirawan
Faskes III : RSUP Dr. Kariadi dan RSJD Dr. Amino Gondo Hutomo

Pelayanan yang tidak dijamin antara lain:
1. Pelayanan yang tidak sesuai prosedur
2. Kecelakaan selain yang ditanggung PT. Jasa Raharja
3. Pelayanan Estetika
4. Pelayanan akibat upaya bunuh diri
5. Penyakit yang sudah ada program sendiri (TB,HIV)
6. Alat bantu seperti Kursi Roda, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *