DIalog Interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema Tips Mudik Sehat

Radio Suara Salatiga – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, sebagian masyarakat bersiap untuk melakukan tradisi tahunan yaitu bersilaturahmi dengan keluarga tercinta di kampung halaman yang biasa dikenal dengan mudik. Bertepatan dengan momen tersebut, Herwinda Kurniasih,SKM selaku petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Tegalrejo, membagikan tips mudik sehat, aman dan selamat melalui dialog interaktif di Radio Suara Salatiga, Selasa (21/05).

Untuk dapat menikmati indahnya Hari Raya Idul Fitri bersama sanak saudara dan keluarga terkasih di kampung halaman, diperlukan berbagai persiapan yang matang, agar perjalanan mudik berjalan lancar, sehat, aman dan selamat. Berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik yaitu kesehatan yang prima, untuk itu perlu diketahui kondisi kesehatan terkini dengan mengecek kesehatan terlebih dahulu.

Adapun tips bagi pemudik agar mudik sehat, aman dan selamat antara lain:
1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat, prima dan mampu menempuh perjalanan mudik.
2. Pastikan kondisi kendaraan layak dan aman untuk dipakai, serta pastikan semua surat kendaraan lengkap. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan umum, pastikan sudah membawa tiket, dan jangan sampai ketinggalan ya…
3. Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mengakibatkan kantuk.
4. Istirahat secara rutin setiap 4 jam atau apabila sebelum 4 jam sudah terasa lelah. Carilah tempat istirahat yang aman.
5. Istirahatlah apabila merasa ngantuk dan lelah.
6. Disiplin dan patuhi rambu lalu lintas. Kontrol emosi dan jangan terlalu terburu-buru ya… Ingatlah keluarga yang dirumah menanti.
7. Kontrol kecepatan kendaraan agar mudah dikendalikan.
8. Hindari muatan berlebih
9. Pastikan memakai alat pelindung diri (APD)
10. Hindari menerima makanan dari orang tak dikenal
11. Biasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan, atau dapat menggunakan hand sanitizer.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, persiapkan mudik sedini mungkin, jaga pola makan sehat dan bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat. Semoga perjalanan mudik Anda berjalan lancar, sehat, aman dan selamat serta dapat berkumpul dengan keluarga tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.