Dialog Interaktif di Radio Suara Salatiga

21.08.2018- Hari ini dr.Indriani Dwi Astuti selaku Kepala Puskesmas Kalicacing melakukan dialog interaktif di Radio Suara Salatiga dengan tema “Pencegahan dan Penanggulangan Hepatitis”.

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Terdiri atas berbagai macam penyakit hepatitis yang dibedakan berdasarkan jenis virusnya.
Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Cara penularannya melalui makanan yang terkontaminasi tinja penderita hepatitis A. Hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B. Cara penularannya melalui cairan tubuh seperti darah, cairan vagina dan sperma. Hepatitis C disebabkan oleh virus hepatitis C. Cara penularannya melalui cairan tubuh seperti darah, cairan vagina dan sperma.

Gejala hepatitis antara lain:
– Cepat Lelah
– Demam
– Mual/Nyeri Perut bagian kanan atas (terasa keras dan besar)
– Nafsu makan menurun
– Mata kuning, tinja pucat
– Kencing seperti air teh
Hepatitis dapat dicegah dengan cara:
– Menjaga kebersihan makanan
– Melaksanakan pola hidup bersih dan sehat
– Hindari perilaku berisiko (Hubungan sex tidak aman/berganti-ganti pasangan, penggunaan jarum suntik bergantian/tidak steril)
– Tidak menggunakan sikat gigi, pisau cukur, jarum tindik secara bergantian
– Mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap
Selain disebabkan oleh virus, hepatitis juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan melebihi dosis dan minum minuman beralkohol. Perilaku tersebut dapat merusak fungsi hati.

Sayangi hati Anda… jangan sampai sakit hati…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *