DKK Salatiga mengajak masyarakat untuk rutin melakukan PSN

Kota Salatiga – Menjelang datangnya musim penghujan, DKK Salatiga mengajak masyarakat di 8 Kelurahan endemis DBD untuk rutin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan sekitar tempat tinggal, Rabu (30/10/2019). Di Kota Salatiga terdapat 8 Kelurahan endemis DBD, yaitu Sidorejo Lor, Dukuh, Mangunsari, Tingkir Lor, Tegalrejo, Kauman Kidul, Ledok dan Kecandran.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah, SKM,M.Kes menyampaikan bahwa musim kemarau panjang yang terjadi apabila sesekali hujan berpotensi meningkatkan populasi nyamuk. “Selain itu keringat manusia yang keluar ketika beraktivitas saat udara panas juga merangsang nyamuk untuk menggigit. Untuk itu kita harus rutin membersihkan lingkungan” Imbuhnya.

Selain PSN, upaya mengurangi populasi nyamuk dengan menggunakan sistem predator juga dinilai efektif. Karena siklus hidup nyamuk akan terputus ketika jentik nyamuk telah dimakan predator.

“Pemeliharaan ikan kecil sebagai predator jentik dapat dilakukan di bak mandi atau tempat penampungan air didalam rumah. Ikan yang digunakan antara lain cetul, cupang, kepala timah” Papar Kadinkes.

Kegiatan ini diselenggarakan DKK Salatiga bersama B2P2VRP yang bekerjasama untuk mencegah dan menanggulangi penyakit DBD di Kota Salatiga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *