Forum group discussion dampak virus Corona

Polres Salatiga – Dalam upaya memberikan pemahaman tentang virus Corona, Polres Salatiga menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “ Dampak Virus Corona Terhadap Situasi Kamtibmas” di Aula Polres Salatiga, Rabu (19/02/2020).

Peserta sebanyak 100 orang yang terdiri atas SMK Bhakti Nusantara, Stikes Ar-Rum, Organisasi Wanita Kalilondo, Pondok Pesantren Ittihadul Asna, DKK Salatiga dan Puskesmas se-Kota Salatiga.

Acara secara resmi dibuka oleh Kapolres Salatiga, AKBP Gatot Hendro Hartono, SE, M.Si. Narasumber kegiatan yaitu Kasi SKI DKK Salatiga, dr. Tasfiyah Sri Prihati dan Kasi Layanan Data dan Informasi Diskominfo Andi Fauzan, ST, M.Eng.

Dalam sambutannya Kapolres menyampaikan bahwa penyebaran virus Corona luarbiasa cepat. “Hanya dalam waktu singkat terjadi peningkatan kasus yang signifikan. Diharapkan hasil pertemuan ini dapat disampaikan ke masyarakat sebagai langkah antisipasi Virus Corona di Salatiga” Paparnya.

Virus Corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Virus tersebut menginfeksi saluran pernapasan sehingga menimbulkan gejala berupa demam, batuk, pilek, sesak/sulit bernapas, sakit tenggorokan, letih dan lesu.

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat diantaranya dengan memakan Alat Pelindung Diri (APD) misalnya masker, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), konsumsi gizi seimbang, rajin aktivitas fisik, hati-hati kontak dengan hewan, hindari konsumsi daging yang tidak dimasak, dan bila demam disertai sesak napas segeralah ke fasilitas kesehatan.

Dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus mencegah kepanikan masyarakat terkait Virus Corona diperlukan pemahaman yang benar mengenai virus tersebut.
Beredarnya informasi yang tidak benar berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat. Untuk memastikan kebenaran informasi, dapat dicek melalui aplikasi Hoax Buster Tools (HBT) yang dapat diunduh di playstore dan melalui website: www.turnbackhoax.id.

Mari kita bersama melakukan upaya pencegahan virus corona, jangan panik dan gunakanlah media sosial secara bijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *