GERMAS SAPA

Salatiga – Hasil pengawasan Badan POM RI menunjukkan masih adanya permasalahan klasik di bidang keamanan pangan yaitu: (1) kurangnya pengetahuan dan kesadaran pelaku usaha terutama industri rumah tangga pangan tentang higienis dan sanitasi dalam proses produksi, (2) penggunaan bahan tambahan yang melebihi batas, (3) penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan, dan (4) masalah pencemaran lingkungan termasuk cemaran air. Selain itu, akhir-akhir ini muncul isu baru permasalahan pangan yaitu pola konsumsi tinggi garam, gula dan lemak, serta food fraud (kecurangan pangan).

Menanggapi banyaknya permasalahan pangan yang merugikan masyarakat tersebut, Badan POM RI menginisiasi pengawasan berbasis komunitas melalui GERMAS SAPA (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman) yang bertujuan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk hidup sehat.

GERMAS SAPA merupakan gerakan bersama semua potensi masyarakat dan jejaring keamanan pangan nasional melalui strategi intervensi supply maupun demand. “GERMAS SAPA dirancang untuk intervensi yang lebih ke hulu dalam rangka peningkatan kualitas hidup manusia. Lebih cenderung bersifat preventif dan promotif terhadap perilaku masyarakat dalam memproduksi, menyediakan dan mengonksumsi pangan yang aman, pangan yang terbebas dari cemaran fisik, kimia, dan biologi/mikrobiologi.

Sehubungan dengan pelaksanaan program GERMAS SAPA Badan POM yang merupakan keterpaduan dari program Desa Pangan Aman, Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, maka dalam rangka Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS), Balai Besar POM di Semarang melakukan koordinasi dan survey lokasi bersama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan Kota Salatiga pada Selasa, 02/03/2021.

Sasaran GERMAS SAPA di Kota Salatiga adalah Sekolah dan Pasar. Untuk sekolah akan dilakukan di 30 lokasi (10 SD, 10 SMP, dan 10 SMA). Kegiatan yang dilakukan yaitu bimtek kemanan pangan untuk kader keamanan pangan sekolah dan pemberian paket edukasi. Sedangkan untuk pasar akan dilakukan bimtek bagi petugas UPT Pasar dengan tujuan mereka dapat melakukan pemeriksaan dan pengawasan keamanan pangan secara mandiri, sosialisasi keamanan pangan kepada 100 pedagang pasar, dan monitoring evaluasi secara berkala.

Dengan adanya kegiatan GERMAS SAPA ini diharapkan dapat mewujudkan Kantin Pangan Aman di sekolah dan Pasar Sehat Aman di Kota Salatiga.

 #GERMAS_SAPA

 #KantinPanganAman

 #PasarSehatAman

 #KLKK_Farmamin

 #SeksiPromkes_dinkes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *