Hari Kanker Sedunia 4 Februari

Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Tujuan diperingatinya Hari Kanker Sedunia adalah mengajak seluruh masyarakat untuk peduli dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah kanker sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker.

Penyakit kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah kanker payudara dan kanker leher rahim. Upaya pencegahan yang dapat dilakukan antara lain deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim pada perempuan usia 30-50 tahun dengan menggunakan metode Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) untuk payudara dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) untuk leher rahim.

Upaya pencegahan kanker dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yaitu aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit setiap hari, konsumsi buah dan sayur setiap hari, serta rutin melakukan cek kesehatan.

Penerapan GERMAS perlu dibarengi dengan perilaku CERDIK, yaitu Cek Kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet gizi seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.