Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional

#SobatSalsa tanggal 12 September kemarin diperingati sebagai Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Di masa pandemi sekarang ini, selain membentengi diri dari penularan COVID-19 dengan rutin mencuci tangan pakai sabun, menjaga kebersihan gigi dan mulut juga tak kalah penting lho.Sebab, kesehatan gigi dan mulut turut merefleksikan kesehatan tubuhmu secara umum. Jadi harus dirawat dengan baik dan benar ya.

Menurut FDA, setidaknya ada 3 masalah umum pada kesehatan gigi dan mulut yakni karies gigi (gigi berlubang), gangguan pada gusi, dan kanker mulut. Kondisi ini akan menimbulkan masalah serius apabila tidak segera dilakukan perawatan.

Tak hanya itu, hasil penelitian juga menunjukkan kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan erat dengan COVID-19. Seseorang yang kesehatan gigi dan mulutnya buruk, berisiko tinggi mengalami komplikasi berat saat terpapar COVID-19. Sebab, bakteri dari penyakit dalam mulut maupun gigi tersebut dapat memicu timbulnya berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, hipertensi, dan pneumonia.

Penanganan penyakit gigi dan mulut saat pandemi COVID-19, dihadapkan pada menurunnya kebiasaan masyarakat merawat gigi. Telah terjadi penurunan kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari dibandingkan hasil survey tahun 2018. Kebiasaan buruk juga meningkat selama di rumah yakni 2 dari 5 orang dewasa mengaku tidak menyikat gigi seharian, dan ada 7 dari 10 orang menghindari pergi ke dokter gigi.

#SobatSalsa, sudah saatnya kita meninggalkan kebiasaan buruk dan mulai merawat dan memperhatikan kesehatan gigi dan mulut guna menurunkan faktor risiko penyakit. Caranya mudah, rutin gosok gigi dua kali sehari, perbanyak minum air putih, kurangi makan manis, hindari merokok dan lakukan pemeriksaan ke dokter minimal 6 bulan sekali, tentunya dengan menerapkan prokes ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *