HEPATITIS A

Hepatitis A merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Virus ini menyebar melalui konsumsi makanan, minuman, atau memasukkan benda yang telah terkontaminasi tinja penderita hepatitis A ke mulut.

Kontaminasi tersebut bisa terjadi akibat peralatan makan dan bahan makanan yang tidak dicuci dengan air bersih, masakan yang dikonsumsi disiapkan oleh orang yang tidak menjaga kebersihan, atau minuman yang terbuat dari air yang tidak bersih

Beberapa cara untuk mencegah infeksi virus hepatitis A antara lain:

– Melakukan vaksinasi hepatitis A. 
– Menjaga kebersihan lingkungan rumah. 
– Memastikan air yang dikonsumsi berasal dari sumber yang terjamin kebersihannya. 
– Mencuci peralatan dan bahan makanan menggunakan air bersih. 
– Membiasakan untuk mencuci tangan sebelum memasak dan sebelum makan. 
– Mengurangi kebiasaan jajan sembarangan. 
– Menghindari mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang.

Mari kita cegah Hepatitis A dengan berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jangan lupa biasakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada waktu-waktu penting, yaitu sebelum makan, sebelum memegang/mengolah/menyiapkan makanan, setelah buang air besar, setelah menceboki anak, serta setelah kontak dengan hewan dan tanah.

Bila Anda merasakan gejala-gejala hepatitis A, seperti demam, lemas, mual dan muntah, urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat, serta warna mata dan kulit berubah menjadi kuning, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *