Kesiapsiagaan menghadapi Virus Corona

KPM – Dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi Virus Corona, DKK Salatiga mengadakan pertemuan Koordinasi dan Penguatan Tim Siaga Corona Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kota Salatiga, di Aula KPM Salatiga, Kamis (05/03/2020). Pertemuan dihadiri 40 orang peserta yang terdiri atas Dokter, Paramedis dan Tim Siaga Corona Rumah Sakit, Kepala Puskesmas dan Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas se-Kota Salatiga.

Acara dibuka oleh Kabid P2P DKK Salatiga, Junaedi, S.Kep, Ners, M.Kes yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya penanggulangan infeksi Virus Corona (COVID-19) diperlukan peran serta berbagai pihak. “ Meskipun belum ditemukan kasus COVID-19 di Salatiga, minimal sudah dilakukan proteksi seawal mungkin” Imbuhnya.

Sebelumnya pada tanggal 3 Maret 2020 tercatat 90.870 kasus positif COVID-19 diseluruh dunia dan tanggal 4 Maret 2020 meningkat menjadi 94.261 kasus COVID-19 dengan tambahan 8 negara baru konfirmasi COVID-19. Sedangkan di Indonesia dari 372 orang yang diperiksa, 2 diantaranya dinyatakan positif COVID-19.

COVID-19 dapat ditularkan saat kontak jarak dekat melalui pecikan droplet penderita dan kontak permukaan atau obyek yang terpapar Virus Corona.

Pencegahan COVID-19 dapat dilakukan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu pencegahan juga didukung oleh Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas dan Tim Siaga Corona Rumah Sakit.

Pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dalam menghadapi COVID-19 di Kota Salatiga sekaligus meningkatkan pengetahuan peserta terkait pedoman menghadapi COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *