Koordinasi dan Evaluasi Bidang Kesehatan di Kota Salatiga

Kampoeng Banyu Mili – Pembangunan kesehatan pada hakekatnya merupakan upaya yang dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat setiap masyarakat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Balkesmas Ambarawa bersama DKK Salatiga mengadakan Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Bidang Kesehatan di Kota Salatiga, pada Kamis 14 Februari 2019. Perserta dalam pertemuan ini sebanyak 50 orang yang terdiri atas seluruh Kasi dan Kabid DKK Salatiga, Kepala UPT KPM beserta Kepala Puskesmas se-Kota Salatiga. Acara ini dibuka oleh Kabid Kesmas, M. Marhadi,SKM. Narasumber dr. Irma Makiah dan dr. Sri Rahayuningtyastuti (Balkesmas Ambarawa) dan M. Marhadi,SKM (DKK Salatiga).

Dalam sambutannya Bapak M.Marhadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu upaya pemecahan masalah kesehatan yang ditemukan untuk diolah ditingkat wilayah dan propinsi sehingga membawa hasil semaksimal mungkin sebagai dasar untuk menentukan program kesehatan di tahun 2020.

Pembangunan kesehatan dilakukan sesuai dengan visi misi Presiden di Nawacita poin 5 yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program Indonesia Sehat. Upaya pembangunan kesehatan meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang memiliki indikator kinerja, sehingga capaian atau keberhasilannya dapat diukur. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Bapak Marhadi bahwa upaya promotif dan preventif harus dapat dibuat indikator keberhasilan yang terukur.

Balkesmas Ambarawa memiliki 7 wilayah kerja salah satunya Salatiga yang telah berhasil meraih peringkat 2 Nasional dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Adapun beberapa masalah kesehatan yang ada di Salatiga diantaranya kesehatan ibu dan anak, penyakit menular dan tidak menular, dll. Yang mana DKK Salatiga telah berupaya semaksimal mungkin untuk menanggulanginya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperoleh data masalah kesehatan untuk dapat terkumpul dan diolah untuk menjadi dasar penentuan program kerja selanjutnya untuk dapat dimonitoring dan evaluasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *