Kunjungan kerja di Rumah Pemulihan Gizi Kota Yogyakarta

Yogyakarta – Dalam upaya meningkatkan pelayanan di Rumah Pemulihan Gizi (RPG) Kota Salatiga, DKK Salatiga menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Kerja di Rumah Pemulihan Gizi (RPG) Kota Yogyakarta, Kamis (27/02/2020). Peserta sebanyak 24 orang yang terdiri atas PERSAGI Kota Salatiga, Petugas Gizi DKK Salatiga, Petugas Gizi dan Bidan Puskesmas se-Kota Salatiga.

Sebelumnya Kabid Kesmas, Suparli, SKM, M.Kes memberikan apresiasi sekaligus menyampaikan maksud kunjungan kerja tersebut. “ Terimakasih atas izin yang diberikan untuk menimba ilmu di RPG Kota Yogyakarta. Harapannya ilmu yang didapatkan dapat dikembangkan di Kota Salatiga” Paparnya.
Rombongan disambut oleh Dewanti, SKM, MPH yang menyampaikan materi mengenai Profil dan Pelayanan di RPG Kota Yogyakarta.

Asal mula berdirinya RPG Kota Yogyakarta dipelopori oleh Kadinkes Kota Yogyakarta yang kemudian menjalin kerjasama dengan RS Sardjito dan UGM. RPG Kota Yogyakarta merupakan tempat transit balita/ anak gizi buruk non klinis yang kemudian dirujuk ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Selain penanganan kasus balita gizi buruk, RPG Kota Yogyakarta juga memberikan penanganan kasus balita obesitas. Pelayanan dimulai dari pendaftaran, kemudian screening gizi kurang yang dilakukan pada hari senin dan rabu. Screening gizi kurang didampingi oleh Dokter Spesialis Anak Konsultan Gizi bertujuan untuk menentukan perlunya tidaknya perawatan gizi buruk.

Perawatan gizi buruk merupakan perawatan sehari (Day Care) dimulai jam 08.00 hingga 14.00 WIB. Selama perawatan, pasien diberikan formula 100 dari WHO dengan waktu paling lama dilakukan selama 3 bulan.

Terwujudnya pelayanan di RPG Kota Yogyakarta didukung peran serta berbagai pihak dan lintas sektor terkait termasuk pemangku wilayah dan peran kader kesehatan yang peduli terhadap kesehatan balita. Kader kesehatan tersebut dengan sukarela mengantar/merujuk balita gizi buruk yang ada diwilayahnya ke RPG Kota Yogyakarta. Berbekal kepedulian inilah yang menjadikan pelayanan RPG Kota Yogyakarta semakin unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *