Kunjungan Komisi E DPRD Prov Jateng guna mengetahui gambaran Program Pencegahan dan Penanggulangan TB

Rumdin Walikota Salatiga – Walikota Salatiga, Yuliyanto, SE, MM menerima kunjungan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah di Rumah Dinasnya, Selasa (10/12/2019). Rombongan sejumlah 23 orang terdiri atas Ketua Komisi E, Abdul Hamid, S.Pd.I, Wakil Ketua, H. Abdul Azis, S.Ag, M.Si, Sekretaris, Sri Ruwiyati, SE,MM beserta 20 anggotanya. Maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan program pencegahan dan penanggulangan Tuberkulosis/TB di Kota Salatiga.

Dalam sambutannya Walikota Salatiga menyampaikan bahwa terdapat 3 bidang prioritas pembangunan Pemerintah Kota Salatiga salah satunya bidang kesehatan. “Kota Salatiga merupakan salah satu dari 5 Kabupaten/Kota dengan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat tertinggi di Indonesia, yang diantaranya mencakup indikator bidang kesehatan” Imbuhnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan oleh Kasi P2M, Naning Tri Harini, SKM mengenai Rencana Aksi Daerah (RAD) TB Kota Salatiga.

TB merupakan salah satu penyakit menular berbahaya dimana Indonesia menduduki peringkat ke-3 dunia dengan kasus TB terbanyak setelah India dan China. Hal tersebut mendorong Pemerintah Kota Salatiga untuk mendukung program Indonesia Bebas TB tahun 2050.

Wujud nyata Pemerintah Kota Salatiga dalam melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan TB tertuang dalam Perwali No. 21 tahun 2019 tentang RAD TB Kota Salatiga tahun 2019-2024. Dalam melakukan program pencegahan dan pengendalian TB diperlukan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam upaya mewujudkan Salatiga sehat bebas TB. Kunjungan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *