Lanjutan OJT Jiwa dan Napza

Hotel Grand Wahid – Dihari kedua On The Job Training (OJT) Jiwa dan Napza, menghadirkan narasumber Wahyu Retnoningsih, S.Kep, Ns, M.Kep, Sp.Kes Jiwa (Dinkesprov Jateng) dan Siti Zubaidah, S.Si, Apt (Kasi Farmamin dan Perbekes DKK Salatiga), Kamis (05/03/2020).

Masalah penyalahgunaan NAPZA dipengaruhi berbagai faktor diantaranya ketersediaan zat, kebutuhan, faktor penegakan hukum, dan lingkungan setempat. Penyalahgunaan NAPZA rawan dilakukan oleh generasi muda yang pada awalnya merasa ingin tahu atau bahkan sekedar mengikuti ajakan teman sebaya. Inilah pentingnya untuk mengajarkan cara menolak dan mengatakan tidak terhadap penyalahgunaan NAPZA.

Penyalahgunaan obat terjadi karena obat mempunyai efek lain selain efek utamanya dan memiliki efek yang diinginkan seperti perasaan tenang, lebih percaya diri, euforia, dll. Efek lain dari penyalahgunaan obat adalah menimbulkan ketergantungan fisik maupun psikis.

Salah satu upaya menanggulangan penyalahgunaan NAPZA melalui konseling adiksi dengan teknik motivasi. Teknik ini memberikan motivasi kepada penderita untuk dapat menguatkan diri sehingga dapat bertahan menjalankan terapi yang diberikan.

Selain itu untuk menggali permasalahan yang dihadapi penderita, petugas harus fokus kepada penderita dan mampu menciptakan suasana senyaman mungkin agar dapat dihasilkan nilai yang akurat. Agar wawancara dapat berhasil, petugas hendaknya terlebih dahulu memberikan penghargaan atau pernyataan positif untuk membangkitkan motivasi, mampu mendengarkan dengan baik, menggunakan pertanyaan terbuka dan mengulas kembali apa yang disampaikan penderita.

Apabila penilaian sudah selesai, hasilnya dapat disampaikan kepada penderita untuk selanjutnya dapat dilakukan intervensi singkat dengan menanamkan rasa tanggungjawab dan hal baik lainnya.

Narasumber berpesan agar tenaga kesehatan jangan mudah menyerah dan tetap berusaha yang terbaik. Disela acara, peserta melakukan praktek penilaian menggunakan ASSIST dan bermain peran (role play).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *