Lokakarya Kesehatan Daerah (LOKAKESDA) Kota Salatiga Tahun 2018

DKK-Sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, OPD terkait, Organisasi Profesi, KPA dan LSM, dan PKK menghadiri pertemuan Lokakarya Kesehatan Daerah (Lokakesda) di Ruang Plumpungan Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga selama tiga hari pada 14-16/05/2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan dan mensinkronisasikan antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Salatiga, organisasi profesi dan organisasi swasta yang bergerak di bidang kesehatan maupun yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Salatiga, untuk bersama sama menyusun strategi dalam upaya pencegahan dan penurunan wasting dan stunting di Kota Salatiga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga, Siti Zuraidah dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan khusus dari kegiatan ini adalah mengidentifikasi permasalahan terkait dengan meningkatnya kasus wasting dan stunting di Kota Salatiga, menggali potensi masyarakat  yang dilihat dari berbagai sudut pandang lintas sektor terkait guna mendukung keberhasilan penurunan kasusu wasting dan stunting, dan merumuskan strategi pelaksanaan upaya pencegahan dan penurunan wasting dan stunting di Kota Salatiga.

Hasil laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) tahun 2017 diketahui bahwa isu strategis berdasarkan evaluasi kinerja atahun 2017 diantaranya adalah masih adanya kematian ibu, bayi dan balita, angka kesakitan penyakit menular yang masih cukup tinggi, prevalensi penyakit degeneratif cenderung meningkat, kasus wasting dan stunting yang menurut hasil survey semakin meningkat, kasus gizi buruk yang masih tinggi dan belum semua bayi mendapatkan ASI eksklusif.

Dari hasil analisa terkait permasalahan kesehatan di Kota Salatiga tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa akibat masih adanya permasalahan gizi pada bayi dan balita yang berdampak pada masalah-masalah lainnya seperti masih tingginya kasus stunting dan gizi buruk di Kota Salatiga. Oleh karena itu Dinas Kesehatan menyelenggarakan pertemuan Lokakesda yang merupakan musyawarah kerja kesehatan tingkat daerah yang melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Salatiga (OPD terkait), serta organisasi profesi maupun swasta yang bergerak dibidang kesehatan di wilayah Kota Salatiga.

Narasumber dari Kegiatan Lokakesda  yaitu :

  1. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tentang Kebijakan dan Program Pencegahan dan Penurunan Wasting dan Stunting di Jawa Tengah Tahun 2018-2019.
  2. Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga tentang Kebijakan, Strategi dan Program Pencegahan dan Penurunan Wasting dan Stunting di Kota Salatiga Tahun 2018-2019.
  3. Kepala Dinas PP & PA tentang Strategi Pemberdayaan Perempuan dalam Program Pencegahan dan Penurunan Wasting dan Stunting.
  4. Kepala Dinas Pangan tentang Peningkatan Ketahanan Pangan Keluarga untuk Mencegah Gizi Buruk dan Stunting.
  5. Kepala Dinas Pertanian tentang Program Peningkatan Keanekaragaman Produksi Pangan dalam Mencukupi Kebutuhan Gizi Masyarakat Kota Salatiga.
  6. PERKEU tentang Kenali Stunting dan Dampaknya terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (tw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *