Lokakarya stop stigma dan diskriminasi terhadap ODHA

Bale awan putih – HIV-AIDS merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi permasalahan dunia termasuk Kota Salatiga. Oleh sebab itu pemerintah harus mengoptimalkan dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut.

Sejak pertama ditemukan kasus HIV-AIDS di Kota Salatiga pada tahun 1994 hingga bulan November 2019, jumlah HIV-AIDS kumulatif tercatat 284 kasus yang terdiri dari 178 laki-laki dan 106 perempuan, dengan jumlah kematian ODHA sebanyak 68 orang. Jika pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS tidak ditangani bersama-sama, tentu akan membahayakan generasi yang akan datang.

Pentingnya edukasi di dunia pendidikan, Komisi Penanggulangan AIDS Kota Salatiga menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Stop Stigma dan Diskriminasi terhadap ODHA pada Kamis (12-03-20) di Bale awan putih dengan peserta sebanyak 35 orang yaitu guru SMP/MTs sederajat se-Kota Salatiga. Acara dibuka oleh Bp. Muh Haris, SS, M.Si selaku Ketua Pelaksana Harian KPA Kota Salatiga. Narasumber dr. Afrida dari Puskesmas Kalicacing, Bp. Puger dari yayasan Lentera Solo, dan Yuni Ambarwati, SH Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga. Sebelum dimulai materi, peserta pretest terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat pengetahuan HIV-AIDS dan kemudian dilanjutkan dengan materi.

Acara ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang HIV-AIDS serta mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA di dunia pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *