Lokakesda Tahun 2019 “Pencapaian Universal Coverage SPM”

Bale Raos – Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah ketentuan jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib pemerintahan dan menjadi hak setiap warga negara untuk memperoleh pelayanan secara minimal. Terdapat 12 indikator SPM bidang kesehatan, yang mana dalam pelaksanaannya diperlukan rumusan strategi bersama antara pihak pemerintah, swasta dan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik sekaligus mendorong peran serta masyarakat dalam mendukung SPM.

Dalam upaya untuk percepatan pemenuhan SPM Bidang Kesehatan tahun 2019, DKK Salatiga mengadakan Lokakarya Kesehatan Daerah (Lokakesda) Kota Salatiga dengan tema Pencapaian Universal Coverage SPM di Bidang Kesehatan melalui PIS PK dan Germas tahun 2019, Selasa-Rabu (23-24/04). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Drs. Fakruroji dan dihadiri 80 orang yang terdiri atas Kecamatan, Kelurahan, Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik se-Kota Salatiga beserta OPD dan lintas sektor terkait. Hadir sebagai narasumber di hari pertama Kepala Dinkesprov Jateng, dr. Yulianto Prabowo, M.Kes, Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, SKM, M.Kes dan Wadir Yanmed RSUD Salatiga, dr. Riani Isyana Pramasanthi. Ketiga narasumber tersebut tergabung dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Kepala Puskesmas Kalicacing, dr. Indriani Dwi Astuti.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) merupakan upaya pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat agar masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup sehat. Kedua program tersebut sangat berpengaruh dalam pencapaian SPM bidang kesehatan. Dalam mewujudkan pencapaian SPM yang baik diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk masyarakat.

Lokakarya tersebut sebagai wadah musyawarah kerja kesehatan tingkat daerah yang melibatkan Pemprov Jateng dan Pemkot Salatiga serta unsur penguasa wilayah baik kecamatan maupun kelurahan. Melalui lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dantara Pemprov Jateng dan Pemkot Salatiga dalam rangka penyusunan strategi dan meningkatkan peran serta masyarakat guna mempercepat tercapainya target SPM bidang kesehatan 100% masyarakat kota Salatiga mendapatkan pelayanan kesehatan. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab, serta disediakan doorprize menarik bagi peserta aktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *