Lomba Dokter Kecil Tingkat Kota Salatiga Tahun 2018

KALITAMAN SEKDA–Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan upaya promotif dan preventif didukung upaya kuratif dan rehabilitative berperan sangat penting dan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan warga sekolah. Anak usia sekolah merupakan sumber daya manusia (SDM) yang sangat berharga bagi negara. Untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam program UKS, perlu dibentuk dokter kecil yang berkompeten, mampu memelihara dan menjaga kesehatannya sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Hal inilah yang mendasari Dinas Pendidikan Kota Salatiga untuk melaksanakan Lomba Dokter Kecil. Lomba ini sebagai tolok ukur TP-UKS baik Kecamatan maupun Kota Salatiga untuk mengetahui sejauh mana pembinaan UKS di Satuan Pendidikan SD/MI.

Lomba Dokter Kecil Tingkat Kota Salatiga ini dilaksanakan di Ruang Kalitaman Sekretariat Daerah Kota Salatiga pada 09/10/2018, diikuti 24 siswa SD/MI. Mereka adalah perwakilan peringkat 1-6 setiap kecamatan yang sudah dilaksanakan serentak pada 2/10/2018.Acara ini dibuka oleh Kabid. Pendidikan Dasar, Anindita Sulakssono.

“ Anak-anakku, kalian adalah anak yang terpilih, jadi jangan takut untuk bertanding dalam perlombaan ini, dan jangan berorientasi untuk menjadi pemenang, karena kalian semua adalah pemenang. Tetap semangat untuk menjadi duta kesehatan di Kota Salatiga”, papar Anindita pada sambutannya.

Hal serupa juga disampaiakan oleh Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Ninuk Sri Rejeki selaku Ketua Panitia, dia menjelaskan bahwa lomba ini merupakan upaya untuk mempersiapkan dan memotivasi duta-duta kesehatan yang nantinya akan menjadi duta dimasing-masing sekolah.

Perlombaan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap :

Tahap I           : menyusun makalah (waktu 1 jam)

tema               : stunting, imunisasi, germas,  TBC (diundi, 1 peserta 1 tema)

Tahap II          : presentasi / orasi hasil makalah (waktu 7 menit)

 

Dewan Juri dari Dinas Kesehatan sejumlah 5 (lima) orang yaitu dr. Tasfiyah S P, Suparli, SKM, M.Kes, Lilis Arum P, SKM, M.Kes, Tina Widiastuti, SKM, dan Asfiyah, SKM, telah memutuskan dan menetapkan Pemenang Lomba Dokter Kecil SD/MI Tingkat Kota Salatiga Tahun 2018 adalah sebagai berikut :

Juara I            : Safira Ling-Ling dari SD Kristen Satya Wacana (total nilai 90,14)

Juara II           : Aufa Azkan nisa dari SD Muhammadiyah Plus (total nilai 86,64)

Juara III          : Tania Vindi Alyss Wibowo dari SDN Mangunsari 04 (total nilai 86,08)

Dengan adanya lomba dokter kecil ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan diri sendiri, teman sebaya, keluarga, dan lingkungannya. (tw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *