Lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) Tingkat Kota Salatiga Tahun 2018

KALITAMAN SEKDA – Remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Umur batasan remaja menurut WHO adalah 12 – 24 tahun. Permasalahan anak usia remaja sangat kompleks, sehingga perlu pencegahan maupun penanggulangan secara dini. Disamping itu di masa transisi mengandung resiko antara lain kebimbangan, kebingungan, dan gejolak remaja seperti masalah sex, kejiwaan, dan tingkah laku eksperimental. Oleh sebab itu perlu dibentuk Kader Kesehatan Remaja (KKR) di setiap Satuan Pendidikan SMP maupun SMA.

Para Kader Kesehatan Remaja (KKR) menjadi rujukan teman-temannya yang mempunyai masalah kesehatan, karena mereka biasanya nyaman jika mencurahkan masalah kepada teman sebayanya. Oleh sebab itu setiap Satuan Pendidikan SMP dan SMA di Kota Salatiga wajib membentuk Kader Kesehatan Remaja (KKR).

Sebagai salah satu bentuk tolok ukur Dinas Pendidikan untuk mengevaluasi sejauh mana pembinaan UKS pada Satuan Pendidikan di Kota Salatiga adalah dengan melaksanakan Lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) SMP/MTs.

Lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) SMP/MTs Tingkat Kota Salatiga ini dilaksanakan di Ruang Kalitaman Sekretariat Daerah Kota Salatiga pada 10/10/2018, di ikuti oleh 26 SMP/MTs (masing-masing 26 putra dan 26 putri).

Perlombaan ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap :

Tahap I           : Menyusun makalah (sudah dibuat di rumah)

Tema : Imunisasi, TBC, Kesehatan reproduksi, Germas, PSN

Soal pilihan ganda (40 soal)

Diambil 10 besar putra dan 10 besar putri

Tahap II          : Presentasi / orasi hasil makalah (waktu 7 menit)

Diambil 6 besar putra dan 6 besar putri

Tahap III         : Studikasus

Diambil juara 1,2,3 putra dan 1,2,3 putri

 

Dewan Juri dari Dinas Kesehatan sejumlah 6 (enam) orang yaitu dr. Tasfiyah S P, Suparli, SKM, M.Kes, Lilis Arum P, SKM, M.Kes, Tina Widiastuti, SKM, dan Asfiyah, SKM, dan Aulia Rahma Siwi Amd.Keb telah memutuskan dan menetapkan Pemenang Lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) SMP/MTs Tingkat Kota Salatiga Tahun 2018 adalah sebagai berikut :

 

 

# Kelompok Putra :

Juara I            : Anugrah Musthofa Syahid B dari SMPN 1 Salatiga (total nilaib250,46)

Juara II           : Putra Angga Perdana dari SMPN3 Salatiga (total nilai230,44)

Juara III          : Muhammad Anam Kholiddari MTs Negeri Salatiga (total nilai224,19)

#Kelompok Putri :

Juara I            : Maria Immaculata Dyah H W dari SMPN 2 Salatiga (total nilai 252,49)

Juara II           : Bilbina Bastha Wardhanidari SMPN 1 Salatiga (total nilai 252,25)

Juara III          : Laura Tedjohartono dari SMP Stella Matutina (total nilai 249,36)

Dengan adanya lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan diri sendiri, teman sebaya, keluarga, dan lingkungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *