Lomba Kelurahan Bebas Jentik

Salatiga – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Ae. Albopictus. Langkah pencegahan yang dinilai efektif yaitu dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Selain itu pemantauan jentik secara berkala dan PSN sangat penting untuk dilakukan guna memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk vektor DBD.

Dalam upaya mewujudkan Salatiga bebas jentik, DKK Salatiga mengadakan Lomba Kelurahan Bebas Jentik yang verifikasinya dilaksanakan selama 2 hari yaitu Selasa dan Rabu, 17-18/09/2019.

Terdapat 2 Kelurahan di setiap kecamatan yang menjadi lokasi fokus verifikasi lomba tersebut, yaitu Noborejo dan Tegalrejo (Argomulyo), Dukuh dan Kecandran (Sidomukti), Kalibening dan Kutowinangun Lor (Tingkir), Pulutan dan Bugel (Sidorejo).

Verifikasi lomba kelurahan bebas jentik dilakukan oleh Tim Juri sejumlah 11 orang dari DKK Salatiga dan lintas sektor terkait. Selain menilai kelengkapan administratif, Tim Juri melakukan wawancara kepada Lurah, perangkat Kelurahan dan kader kesehatan. Kemudian diakhiri dengan kunjungan lapangan secara langsung.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melihat sejauh mana keterlibatan lintas sektor dalam mendukung pemberantasan DBD melalui PSN. Melalui lomba ini, diharapkan dapat memacu semangat seluruh Kelurahan dan masyarakat Kota Salatiga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta mendukung gerakan PSN dan satu rumah satu jumantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *