MPLS di SMP/MTs se-Kota Salatiga

SMPN 6 Salatiga – Memasuki sekolah baru merupakan moment yang dinantikan oleh siswa sekolah, termasuk siswa SD yang telah lulus dan masuk ke bangku SMP. Diawal usia remaja, siswa SMP memasuki fase penting dalam tumbuh kembang. Dimasa ini terjadi perubahan psikis, diantaranya mulai timbul rasa tertarik dengan lawan jenis.

Selain itu di usia remaja juga terjadi perubahan fisik yang dipengaruhi berbagai hormon termasuk hormon reproduksi sebagai tanda bahwa mulai berfungsinya organ reproduksi. Sehingga diperlukan edukasi sedini mungkin untuk meningkatkan pengetahuan mereka.

Bertepatan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Rahayunis Permatasari, SKM selaku Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Salatiga menyampaikan materi tentang HIV/AIDS dan masalah kesehatan pada remaja bertajuk “Aku Bangga Aku Tahu”.

Sebelum materi disampaikan, terlebih dahulu siswa mengerjakan pretest, dan diakhiri dengan postest. Dengan metode tersebut, dapat diketahui tingkat pengetahuan siswa sebelum dan sesudah mendapatkan materi. Sehingga efektifitas materi yang disampaikan dalam meningkatkan pengetahuan siswa dapat terukur. Disela materi, semua siswa diajak untuk menonton video kesehatan.

Selain di SMPN 6 Salatiga, tim penyuluh kesehatan terbagi untuk memberikan materi kepada peserta didik baru dalam MPLS di SMP/MTs se-Kota Salatiga sesuai jadwal yang ditentukan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan semua siswa tentang HIV/AIDS dan masalah kesehatan remaja. Sehingga dilakukan pencegahan secara mandiri dengan menerapkan perilaku hidup sehat. Selain itu, kegiatan ini sebagai langkah pemberdayaan siswa untuk dapat menjaga kesehatan diri sendiri, sekolah dan lingkungan sekitar.

One thought on “MPLS di SMP/MTs se-Kota Salatiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *