Pekan ASI Sedunia

Hallo Sobat Salsa,…..Pernakah kamu mendengar istilah Pekan ASI Sedunia? Ternyata, setiap minggu pertama bulan Agustus dijadikan sebagai “Pekan ASI Sedunia” loh! Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang benar tentang ASI dan manfaatnya agar anak sehat dan cerdas, dengan mengajak berbagai pihak untuk ikut berperan serta mendukung ibu menyusui. ASI sebagai makanan bayi terbaik ciptaan Tuhan tidak dapat tergantikan dengan makanan dan minuman yang lain. Pemberian ASI adalah pemenuhan hak bagi ibu dan anak.

Yuk kita simak apa aja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan berinvestasi lewat pemberian ASI ini!

  1. Memberantas kemiskinan

ASI bersifat alami dan for free sehingga dapat mengurangi pengeluaran keluarga, jika dibandingkan dengan memberikan susu formula. Sehingga dengan memberikan ASI akan berkontribusi dalam memberantas masalah kemiskinan.

  1. Tidak ada lagi kelaparan

Pemberian ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan dan dilanjutkan hingga 2 tahun akan memberikan kebutuhan gizi yang optimal untuk anak. Sehingga menyusu dengan ASI, berarti kita sudah menjamin keamanan pangan untuk bayi. ASI merupakan jantung dari ketahanan pangan yang telah diciptakan oleh Tuhan sesuai dengan kebutuhan bayi.

  1. Meningkatkan kesehatan

Menyusui dapat memberikan daya tahan tubuh alami pada anak, peningkatan kesehatan, serta perkembangan yang optimal. Di dalam ASI mengandung zat kekebalan serta komponen zat gizi lain yang mendukung perkembangan anak. Manfaat kesehatan buat ibu menyusui juga banyak. Pemberian ASI membantu pemulihan rahim pasca melahirkan dan juga bisa sebagai media kontrasepsi alami. Yang tidak kalah penting, dengan menyusui maka akan terbangun ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak.

  1. Pendidikan berkualitas

Memberikan ASI kepada bayi hingga usia 6 bulan ditambah makanan pendamping ASI ketika usia sudah 6 bulan membantu perkembangan mental dan kognitif anak. Hal ini akan meningkatkan kecerdasan anak di masa depan.

  1. Kesetaraan gender

Menyusui bukan hanya tanggung jawab seorang ibu. Peran ayah juga tidak kalah penting. Mendukung wanita untuk tetap menyusui meskipun harus bekerja akan memberikan kesempatan buat para ibu untuk tetap memiliki kesamaan peluang dalam bidang sosial, politik, ekonomi, dan lain sebagainya.

Jadi banyak sekali bekal masa depan yang bisa kita didapat dengan investasi di bidang gizi khususnya memalui pemberian ASI? Yuk, bei semangat buat para ibu agar bisa memberikan ASI Eksklusif 6 bulan plus ASI hingga 2 tahun. Karena masa depan bangsa adalah tanggungjawab kita bersama.(tw).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *